Sejukkan Halaman Rumah dengan Kolam Minimalis, Begini Cara Membuatnya!

Menghadirkan oase di halaman rumah dapat dilakukan dengan membuat pancuran sederhana di dinding luar, air mancur di tengah taman minimalis, termasuk kolam minimalis. Kenapa minimalis?

Untuk membuat kolam minimalis hanya membutuhkan sedikit komponen saja. Penataannya pun dapat dibuat sederhana dan tidak memerlukan desain yang kompleks. Dengan kata lain, pembuatan kolam minimalis dapat menghemat anggaran sekaligus merupakan solusi untuk menghadirkan kesegaran elemen air di halaman rumah minimalis.

Kolam Minimalis pinterest.com

Namun, bukan berarti kolam minimalis tidak bisa tampil memikat. Unsur kesederhanaan dari kolam minimalis justru ditonjolkan karena dapat memunculkan kesan elegan dan modern.

Agar terhindar dari kegagalan desain, ada beberapa aturan yang perlu kamu perhatikan dalam membuat kolam minimalis. Masing-masing akan Kania jelaskan berdasarkan komponen-komponen yang dimiliki kolam minimalis. Yuk langsung saja simak penjelasannya!

Lantai Kolam Minimalis

Permukaan kolam minimalis yang dangkalpinterest.com

Sebagai struktur dasar kolam, lantai kolam minimalis haruslah dibuat kokoh dan tahan bocor. Gunakanlah pondasi setapak yang dibuat dengan teknik cor. Untuk pembuatan lantai kolam minimalis, campuran material yang digunakan adalah semen, pasir, dan kerikil dengan perbandingan komposisi 1:2:3.

Minimal kedalaman untuk kolam minimalis adalah 1 meter. Jika kolam minimalis terlalu dangkal, permukaanya lebih mudah terkena sinar matahari sehingga rentan ditumbuhi lumut.

Ikan di kolam minimalispinterest.com

Hal ini dapat membahayakan jika terdapat organisme seperti ikan hias di dalam kolam. Selain itu, suhu air kolam pun ikut naik, menghilangkan fungsi kolam minimalis untuk menciptakan iklim dingin di area sekitar kolam, misalnya kolam koi.

Dan jangan lupa untuk memasang lubang pembuangan air di dasar kolam minimalis yang terhubung langsung ke saluran pembuangan air di rumah. Lubang pembuangan air digunakan untuk perawatan kolam minimalis yang perlu dibersihkan dan dikuras secara rutin.

Dinding Kolam Minimalis

Dinding kolam minimalispinterest.com

Sama halnya dengan struktur dasar kolam, dinding kolam minimalis juga perlu didesain kompak untuk mencegah kebocoran. Untuk material dasarnya bisa menggunakan campuran material cor yang sama dengan lantai kolam minimalis.

Lapisi material dasar dinding minimalis dini dengan keramik batu alam.Variasi desain bisa diterapkan dengan mengaplikasikan baik motif atau material pelapis yang berbeda pada lantai dan dinding kolam minimalis.

Sistem Pengairan Kolam Minimalis

Sistem pengairan kolam minimalispinterest.com

Sistem pengairan pada kolam minimalis terdiri atas pompa air dan alat penyaring (filter). Pompa air bertugas menyuplai air ke kolam. Teknologi nozzle yang terdapat pada pompa air dapat memberikan bermacam-macam efek pancuran dan dapat disesuaikan dengan efek suara gemericik yang ingin dihadirkan.

Sistem pengairan kolam minimalispinterest.com

Sedangkan sistem filter berfungsi menjaga kejernihan air kolam minimalis dari senyawa dekomposisi dan sisa pakan. Alat penyaring ini dilengkapi tiga chamber berupa brush yang berfungsi seperti kapas, biobal bola plastik yang menyaring kotoran, dan zeolit penghilang zat dan partikel berbahaya. Kualitas air yang terjaga membuat kolam minimalis lebih mudah dibersihkan serta aman untuk organisme yang hidup di dalamnya.

Kapasitas filter harus menyesuaikan dengan volume air kolam minimalis. Untuk volume kolam minimalis sebesar 3 meter kubik, maka dibutuhkan filter dengan kapasitas 1 meter kubik.

Aksesoris Kolam Minimalis

Kolam minimalis dengan dek kayupinterest.com

Untuk tanaman hias di sekitar kolam, pilihlah tanaman yang tidak terlalu rimbun agar kesan minimalis tidak berganti menjadi nuansa tropis. Berbagai jenis rumput, tanaman perdu, alang-alang yang tumbuh lurus cocok untuk menghiasi sisi kolam minimalis.

Agar bisa menikmati keindahan kolam lebih dekat, separuh bagian atas kolam bisa diberi penutup dari dek kayu. Berikan juga efek pencahyaan atraktif dari lampu taman yang  dipasang di bagian dalam kolam.

Tips Membuat Kolam Minimalis

Kolam minimalis dengan paving cement blockpinterest.com

  • Sebelum membuat kolam minimalis, terlebih dahulu buatlah sketsa desain kolam lengkap dengan gambar lanskap bagian dalam rumah.
  • Pilihlah material pelapis yang tahan cuaca sehingga tidak mudah rusak dan lapuk.
  • Atur sedemikian rupa agar air yang dipasok pompa air tidak mengalir terlalu deras.

Selain menyejukkan udara di sekitar rumah, keberadaan kolam minimalis dapat menjadi sarana relaksasi untuk menyegarkan pikiran. Suara gemericik air yang dihasilkannya pun dapat membangun suasana alami khas pendesaan. Yuk, sejukkan hunian dengan kolam minimalis!

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp