Rumah Lebih Sehat dengan Air Humidifier

Kulit yang kering, bibir pecah-pecah, atau hidung terasa gatal dan mampet adalah gejala yang umum dirasakan jika kamu berdiam terlalu lama dalam lingkungan yang terlalu kering. Salah satunya adalah ruangan dengan penyejuk udara. Air humidifier berfungsi mengembalikan kelembapan yang hilang dengan cara menyemprotkan uap air ke dalam ruangan.

shutterstock_627046088shutterstock.com

Selain menjaga kelembapan udara di dalam ruangan, air humidifier juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, baik kesehatan tubuh maupun kesehatan ruang di mana kamu tinggal. Namun, air humidifier nggak bisa asal digunakan. Salah-salah dalam menggunakan air humidifer malah bisa merusak fungsinya dan malah berbalik membahayakan dirimu.

Baik untuk kesehatan kulit

shutterstock_205068550shutterstock.com

Udara yang kering dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan kerontokkan rambut. Uap air panas (steam air) yang disemprotkan oleh air humidifier dapat menetralisir kelembapan di dalam ruangan sehingga kelembapan kulit pun, termasuk kulit kepala, kembali normal.

Air humidifier juga digunakan untuk perawatan beberapa penyakit kulit seperti psoriasis dan gangguan tiroid.

Air humidifier menyehatkan hunian

shutterstock_665994499shutterstock.com

Terlepas ruangan di dalam rumah menggunakan pendingin ruangan atau tidak, udara di dalamnya pasti telah terkontaminasi polusi dari lingkungan sekitar. Air humidifier dapat membersihkan udara yang tercemar sehingga meningkatkan mutu udara yang bersirkulasi di sekitar ruangan.

Kondisi udara yang bersih dan lembab karena air humidifier juga baik untuk kesehatan tanaman hias. Penting juga untuk mengotrol kelembapan relatif ruangan, kondisi yang baik terdapat pada tingkat kelembapan berkisar 50 persen. Kelembapan ideal juga dapat mencegah pelapukan cat dinding dan wallpaper yang mengelupas.

Mengurangi alergi dan gangguan pernafasan

shutterstock_417115363shutterstock.com

Karena dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, air humidifier dapat mencegah beberapa alergi pada saluran pernafasan yang ditimbulkan oleh debu dan udara kotor. Jika digunakan dan dirawat dengan baik, air humidifier dapat mengurangi resiko serangan asma dan infeksi tenggorokkan.

Letakkan air humidifier di tempat yang strategis, seperti di dekat bukaan agar langsung bisa membersihkan udara luar yang masuk

Tidur lebih nyaman dengan air humidifier

shutterstock_1039892272shutterstock.com

Meningkatkan kelembapan juga bisa mengurangi dengkur. Kondisi ruangan yang kering meghambat proses pernafasan di saat tidur, terhambatnya kelancaran pernafasan ini menyebabkan orang mendengkur.

Maka dari itu, air humidifier sangat tepat diletakkan di dalam kamar tidur. Dengan meneteskan sedikit aroma terapi atau essential oil ke dalam air humidifier dapat menciptakan efek relaksasi yang maksimal.

Air humidifier perlu dibersihkan

shutterstock_496699783shutterstock.com

Ruangan yang lembap memang baik untuk kesehatan tubuh dan hunian, namun jika terlalu lembab ruangan tersebut malah jadi tempat ideal untuk bakteri dan mikroorganisme lainnya berkembang biak.

Hal ini juga bisa terjadi apabila kamu malas membersihkan air humidifier. Bagian dalam air humidifier yang sangat lembab berubah menjadi sarang bakteri dan virus. Bukannya membersihkan udara, air humidifier malah menyebarkan kuman dan penyakit ke dalam ruangan.

Tips dalam menggunakan air humidifier

shutterstock_1120533002shutterstock.com

Berbeda jenama berbeda juga cara membersihkannya. Ikuti cara pembersihan yang tertera pada buku panduan dari air humidifier yang kamu beli. Lakukan pembersihan air humudifier secara rutin, minimal 3 hari sekali.

shutterstock_1085984810shutterstock.com

Dan jangan pernah mengisi ulang air humidifier dengan air keran karena mengandung sisa-sisa mineral dan bakteri. Air humidifier yang terisi air rumah tangga bisa membahayakan balita dan anak-anak yang mengidap asma, resikonya bisa sampai mengakibatkan kerusakan paru-paru. Selalu gunakan air yang telah disteril atau dimurnikan terlebih dahulu.

Dengan menggunakan air humidifier kelembapan di dalam ruangan dapat terjaga. Ruangan pun jadi lingkungan yang besih dan sehat sehingga nyaman digunakan dan membantu kelancaran aktifitasmu.

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp