Ragam Desain Pagar Tembok yang Kuat dan Indah

Dari banyak pilihan bahan untuk membuat pagar rumah, bahan dari tembok menjadi pilihan bagi pemilik rumah yang mengutamakan daya tahan.

Bandelnya bahan tembok membuat pagar yang dibuat dari bahan ini anti karat. Anda juga tidak perlu khawatir pagar Anda retak atau lapuk. Hal ini memang menjadi keunggulan pagar tembok, tidak seperti pagar dari bahan besi atau kayu.

Pilihan pagar yang tepat bagi properti Anda dapat menjadi tolok ukur tentang selera Anda. Pagar tembok yang baik memenuhi fungsinya dan memperkuat gaya yang Anda suka dan terapkan pada arsitektur rumah Anda.

Berikut ini ragam desain pagar tembok yang dapat memacu imajinasi dan inspirasi Anda dalam menentukan pagar tembok rumah Anda.

Pagar dari Tembok dan Metal

(photo: arafuru.com)

Bagi Anda yang sangat menyukai gaya desain modern, pagar tembok menjadi pilihan yang tepat karena menciptakan kesan industrial. Pagar tembok yang tinggi banyak dibuat karena alasan keamanan dan juga keindahan. 

Ada banyak desain pagar tinggi yang mengagumkan. Satu model yang cukup sering muncul adalah permukaan halus dengan warna abu-abu atau putih dan memiliki celah yang dihasilkan dari palang metal horizontal. Celah-celah pada pagar ini berguna untuk jalur udara.

Pagar Tembok Batu Alam

(photo: home.co.id)

Pagar tembok batu alam menawarkan keindahan tersendiri. Batu alam memberikan kesan natural pada lanskap dan properti Anda secara keseluruhan, mengingatkan orang yang melihat pada suasana pedesaan dan pemandangan alam.

Pagar tembok batu alam memiliki karakteristik ajeg dan tahan lama. Batu alam tahan terhadap cuaca panas, angin, dan hujan. Bahkan dalam kasus kebakaran pun, batu alam tidak akan hancur. 

Tidak seperti kayu, batu alam juga tidak membusuk. Anda tidak akan khawatir pagar rumah Anda keropos. Rayap tidak akan mengganggu pagar batu alam.

Pagar Minimalis

 

(photo: Pinterest)

Pagar dari bahan tembok menjadi penyusun yang tepat untuk desain rumah minimalis Anda. Desain yang cukup ditemukan adalah desain pagar yang memadukan tembok dan besi. Kedua bahan ini memang memiliki nuansa modern dan industrial yang kental.

Untuk pilihan warnanya, warna-warna netral seperti hitam, putih, cokelat, dan abu-abu menjadi pilihan yang sering muncul untuk desain rumah minimalis. Untuk menampilkan kesan yang lebih modern, palang-palang besinya dipalang secara vertikal.

Pagar minimalis ini menjadi idaman karena tidak ribet perawatannya. Bahan tembok dan besi juga diakui sebagai bahan yang kuat dan tahan lama. Harga pagar tembok ini juga relatif terjangkau. Dari segi keindahan, pagar minimalis mengedepankan keindahan dalam kesederhanaan.

Pagar Tembok Minimalis tanpa Besi

Ragam desain lain pagar minimalis adalah pagar berbahan tembok tanpa besi. Masih serupa dengan pagar yang memadukan tembok dan besi, pagar berbahan tembok seluruhnya pun menciptakan kesan modern dan urban.

Pilih satu warna saja seperti pada gambar model pagar tembok di atas. Lalu, sebagai alternatif celah palang besi, Anda dapat membuat celah pada struktur temboknya. 

Celah pada pagar dapat membuat pagar tahan lama. Udara tidak akan banyak menghantam tembok karena ada jalur udara yang disediakan celah-celah ini. 

Model Pagar Tembok Rumah Mewah

(photo: 7desainminimalis.com)

Pagar tembok rumah mewah memasukkan elemen gaya minimalis ke dalam arsitektur yang cantik dan nyaman dipandang dengan berbagai elemen penyusun terbaik. Material solid yang sangat kuat dan skema warna yang sempurna dapat ditemui dalam pagar mewah.

Di daerah perumahan, akan banyak Anda temui pagar besi berdesain minimalis. Ada pula pagar yang memadukan batu alam dan tembok. Pagar batu alam menjadi salah satu yang paling trendi. Bahan batu alam menambah kesan natural pada taman depan rumah Anda.

Pagar dari Tembok dan Tanaman

(photo: backyardboss.net)

Bagi Anda yang senang berkebun dan tanaman hijau, Anda dapat memadukan pagar dari tembok dengan pagar tanaman. 

Seperti pada contoh di atas, setengah pagar dari tembok dikombinasikan dengan pagar tanaman hijau yang merupakan desain tradisional. Perpaduan ini menghasilkan kontras yang cantik antara kesan natural dan modern, antara kesejukan dan kehangatan.

Pagar dari Tembok dan Kayu

(photo: Pinterest)

Bagaimana kalau Anda memiliki rumah dengan bagian-bagian beraksen kayu? Tentunya akan lebih serasi jika pagar rumah Anda juga memakai pagar tembok yang dipadukan dengan kayu, dibandingkan dengan memakai pagar berbahan besi, atau tembok saja.

Bagi banyak orang, kayu memang terlihat cantik dan relatif terjangkau harganya untuk jenis-jenis kayu tertentu. Pewarnaannya juga simpel, Anda tidak perlu mengecatnya, hanya perlu melapisinya. Namun jika ingin, Anda juga dapat mewarnainya. Oleh karenanya, kayu ini sangat fleksibel dari segi desain.

Yang perlu diperhatikan dari pagar yang memiliki unsur kayu adalah perawatannya yang mahal dan lumayan memakan tenaga. Agar selalu terlihat sempurna, Anda mesti membersihkan bagian kayunya dan melapisinya dengan vernis.

Harap diperhatikan juga bahwa cuaca secara perlahan akan merusak bagian kayu dari pagar Anda ini. Kayu dapat membusuk dan melengkung atau membengkok karena kelembapan yang berlebihan. Yang terakhir adalah serangga pengganggu dan rayap yang sangat menyukai kayu.

Nah, setelah membaca ragam desain pagar dari tembok ini, apakah Anda sudah menentukan pilihan untuk pagar rumah Anda? Selamat memilih!

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp