Perhatikan Desain Rumah Impian Secara Matang, Pikirkan 10 Hal Ini

Setuju tidak kalau rumah adalah salah satu aset paling penting dan berharga? Oleh karena itu, ada banyak hal yang harus diperhitungkan saat kamu merancang desain rumah, baik dari segi arsitektur sampai urusan desain interior secara menyeluruh agar rumah impianmu tampil sempurna.

Paling tidak ada 10 hal penting yang harus dipikirkan secara matang saat membuat desain rumah impianmu. Kira-kira apa saja ya 10 hal tersebut? Yuk, langsung lihat pembahasan dari kania satu per satu di bawah ini!

1. Tema atau Style Rumah

desain interior rumah modern dengan lantai bermotif kayu dan dinding putihpinterest.com

Saat hendak merancang desain rumah, hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan tema atau style rumah, baik interior maupun eksterior. Hal ini dikarenakan desain rumah akan sangat mengikuti preferensi dari segi tema atau gaya rumah yang diinginkan. Apakah kamu lebih memilih desain rumah minimalis, tradisional, klasik, atau industrial?

Apapun tema atau gaya rumah yang kamu tentukan, pastikan desain interior dan eksteriornya sepadan agar bisa menambah nilai dari aset secara keseluruhan. Jangan lupa juga untuk memilih furnitur dan dekorasi yang selaras dengan tema rumahmu, ya!

2. Jumlah Kamar Tidur

kamar tidur bernuansa putih tersambung ke teraspinterest.com

Menentukan jumlah kamar tidur merupakan hal yang sederhana, kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan berapa banyak anggota keluarga yang akan tinggal di rumah tersebut. Namun, jangan menganggapnya sepele karena jumlah kamar tidur akan berpengaruh terhadap desain interior secara jangka panjang. Oleh karena itu, bagi pasangan yang baru menikah atau yang memiliki keluarga kecil, tentukan jumlah kamar tidur yang paling ideal secara seksama, ya!

3. Desain Rumah Bertingkat VS Satu Lantai

desain interior ruang tamu dengan sofa abu-abu dan tangga minimalishome-designing.com

Jika memiliki kesempatan untuk merancang desain rumah dari awal, berarti kamu juga memiliki kebebasan untuk memilih jumlah lantai yang diinginkan. Beberapa orang sangat menikmati desain rumah satu lantai, sedangkan yang lain lebih memilih desain rumah bertingkat untuk memaksimalkan fungsionalitas. Coba pikirkan jumlah lantai untuk rumah impianmu secara matang. Sesuaikanlah dengan kebutuhan, budget, dan ketersediaan lahan yang ada.

4. Desain Interior Kamar Tidur Utama (Master Bedroom)

desain interior kamar tidur utama bernuansa hangat dengan dinding putih hitam dan lampu gantungmattresstuff.com

Sebagai ruang istirahat utama di rumah impian, desain interior untuk master bedroom harus dipertimbangkan dengan benar. Tak hanya untuk keindahan saja, desain interior kamar tidur utama yang baik juga bisa menambah nilai aset rumah secara signifikan, lho!

Apakah kamu mendambakan desain interior kamar tidur yang lengkap dengan built-in closet atau kamar tidur utama yang memiliki akses langsung ke kamar mandi? Kamu bisa mendesain kamar tidur utama sesuai dengan keinginanmu.

5. Ruang Pendukung Selain Ruang Utama

ruang cuci baju dengan dua mesin cuci dan kabinet penyimpanan warna putihpinterest.com

Secara umum, ruangan yang wajib ada pada desain rumah adalah kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tengah. Namun, jika memiliki ruang atau lahan lebih, akan lebih baik jika di dalam rumahmu juga ada ruang pendukung, seperti ruang bermain anak, ruang laundry, home office, dan sebagainya. Hal yang perlu diperhatikan adalah desain rumah harus bisa menampung ruang utama sebelum ruang pendukung, jadi tetap prioritaskan ruang utama, ya!

6. Jumlah Kamar Mandi

desain kamar mandi dengan jendela besar yang menghadap ke bagian luar rumahacarchitects.biz

Selain kamar tidur, menentukan jumlah kamar mandi juga tidak kalah penting dalam membuat desain rumah untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga. Umumnya, setiap keluarga membutuhkan minimal dua kamar mandi di rumahnya. Jika diperlukan, tambahkan juga ruang khusus toilet. Sesuaikanlah dengan kebutuhan setiap anggota keluarga.

7. Desain Ruang Dapur

desain interior dapur minimalis sederhanapinterest.com

Salah satu ruangan yang bisa menghidupkan desain rumah adalah ruang dapur. Dapur memegang peranan penting karena seringkali dalam menjadi fokus utama dalam sebuah rumah. Untuk desain interior dapur, disarankan agar kamu melakukan modifikasi sesuai dengan preferensi yang ada. Jangan lupa gunakan kabinet dapur atau tempat penyimpanan peralatan memasak yang memadai, ya!

8. Evaluasi Denah Rumah

inspirasi denah rumah dengan lahan yang luasyoutube.com

Desain rumah akan sangat sulit dilakukan tanpa adanya denah rumah atau floor plan yang aktual. Sebelum membuat desain rumah tentunya kamu perlu tahu ukuran ruangan sebagai gambaran besar dan penampilan desain rumah secara final. Oleh karena itu, lakukanlah pengkajian atau evaluasi denah rumah secara detil agar tidak menyesal setelah rumah dibangun.

9. Fungsionalitas

ruang tamu berdekatan dengan ruang makan dengan nuansa abu-abupinterest.com

Apapun desain rumah atau desain interior yang sudah Anda tentukan, pastikan rumah impianmu sudah memenuhi unsur fungsionalitas, ya! Bagaimanapun juga, rumah digunakan secara jangka panjang, jadi penempatan alur dan aransemen ruang harus efektif dan efisien, terutama dari segi fungsi. Misalnya, letak ruang kamar tidur anak yang tidak boleh terlalu jauh dari kamar tidur orang tua atau letak ruang tamu dan ruang makan yang idealnya juga berdekatan.

10. Lokasi Rumah

desain eksterior rumah minimalis modernhome-designing.com

Pertimbangan lokasi rumah juga mempengaruhi desain rumah, lho! Contohnya untuk rumah di lokasi yang rentan banjir, tentunya desain rumah juga harus disesuaikan dengan keadaannya, seperti desain bagian tanah luar yang sengaja ditinggikan. Berbeda lagi dengan lokasi rumah di jalan raya yang harus punya desain rumah dengan pagar sebagai pengaman dan sebagainya.

Selain hal-hal di atas, masih banyak lagi hal lainnya yang harus kamu pertimbangkan, seperti pemilihan material bangunan dan sebagainya. Jika kebingungan coba tanyakan pada profesional atau ahlinya supaya rumah impianmu bisa jadi kenyataan.

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp