Mudah Layu di Ruangan, Inilah Macam-Macam Tanaman Hias yang Membutuhkan Perawatan Khusus

Menempatkan macam-macam tanaman hias dapat menciptakan kesejukan dan kenyamanan di dalam ruangan. Tanaman hias tidak hanya melepaskan oksigen dan menyerap karbon dioksida, tapi juga menghilangkan polusi atau udara kotor yang bersirkulasi di ruangan.

perempuan menyiram tanaman hias bunga dalam pot putih dengan penyiram tanamanshutterstock.com

Namun sejatinya, tanaman hias memerlukan masa adaptasi saat tumbuh di dalam ruangan. Secara alami, tanaman memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi saat tumbuh di luar ruangan. Maka tidak mengherankan apabila macam-macam tanaman hias berikut ini sulit untuk bisa tumbuh subur di dalam ruangan.

Bagi kamu yang berencana memelihara macam-macam tanaman hias, tentunya perlu untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman hias yang kesulitan beradaptasi di dalam ruangan. Berikut ini adalalah rangkuman mengenai macam-macam tanaman hias yang membutuhkan teknik pemeliharaan khusus saat ditempatkan di dalam ruangan.

1. Anggrek

tanaman hias bunga anggrek warna ungu tampak dekatshutterstock.com

Salah satu jenis bunga yang termasuk macam-macam tanaman hias yang rewel saat ditempatkan di dalam rumah adalah anggrek. Anggrek bahkan kerap mendapat julukan sebagai tanaman yang ‘ahli membunuh dirinya sendiri’ karena kemampuan adaptasi dalam ruangannya yang lemah.

Faktor kurangnya cahaya matahari memang dapat menjadi penyebab anggrek tidak mampu bertahan lama di dalam ruangan, namun perilaku pertumbuhan secara alami dari anggrek yang lebih berpengaruh. Di alam, anggrek termasuk macam-macam tanaman hias tropis yang tumbuh menumpang tanaman lain, jadi jelas terdapat perbedaan kondisi kala anggrek ditanam di dalam pot.  

Kendati demikian, anggrek tetap bisa bertahan di dalam ruangan asalkan ditempatkan di dalam jenis pot kulit kayu, pada sudut ruangan yang tidak langsung terkena matahari dengan tingkat kelembapan yang ideal, dan jangan terlalu sering disiram.

2. Suplir

tanaman hias suplir hijau dalam pot tanah liat coklat di dalam ruangan putihgardenista.com

Macam-macam tanaman hias yang sulit bertahan di dalam ruangan biasanya tidak tahan terpapar sinar matahari secara langsung, namun tetap membutuhkan pasokan cahaya alami yang cukup. Selain itu, tingkat kelembapan juga menjadi faktor penting bagi macam-macam tanaman hias ini.

Kondisi ruangan yang terlalu kering sangat menghambat pertumbuhan tanaman suplir, bahkan sampai menyebabkan kerontokan daun. Namun tidak semua tanaman suplir sangat sensitif dengan tingkat kelembapan, adapun macam-macam tanaman hias suplir yang mudah beradaptasi di ruangan tertutup.

Untuk menjaga tanaman suplir agar daunnya tetap hijau, hindari macam-macam tanaman hias jenis ini dari paparan sinar matahari secara langsung pada siang hari.

3. Tillandsia

tanaman hias tillandsia dipegang tangan dan disiram gardenista.com

Terdapat macam-macam tanaman hias yang perawatannya terhitung cukup mudah, salah satunya adalah air plant atau tanaman udara. Biarpun begitu, tillandsia termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias udara yang membutuhkan teknik pemeliharaan yang cukup tricky.

Tanaman ini tidak tumbuh dalam medium tanah, melainkan bebatuan atau pasir sehingga membutuhkan tingkat kelembapan yang lebih kering walaupun ia tidak tahan terhadap paparan matahari secara langsung. Untuk macam-macam tanaman hias jenis tillandsia, lebih baik nyalakan pendingin udara pada siang hari untuk menghasilkan suhu udara yang lebih sejuk di dalam ruangan.

4. Paku Tanduk Rusa

tanaman hias paku tanduk rusa pada pot kotak taman vertikal di dindingshutterstock.com

Tanaman ini dapat menambah tampilan eksotik saat ditempatkan di dalam ruangan. Namun, paku tanduk rusa termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias yang membutuhkan penyiraman intensif.

Untuk perawatan macam-macam tanaman hias tanduk rusa paling tidak dilakukan penyiraman selama seminggu sekali. Saat menyiramnya, paku tanduk rusa perlu dicabut dari media tanamnya, lalu direndam di dalam air, baru kemudian ditempatkan kembali di media tanamnya setelah kering.

tanaman hias paku tanduk rusa pada taman vertikal dalam pot kayuinspiredbycharm.com

Kurangnya cahaya matahari memang membuat macam-macam tanaman hias di atas sulit untuk bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa ditanam dan dipelihara di dalam ruangan.

Dengan menerapkan teknik perawatan tanaman hias yang tepat, macam-macam tanaman hias ini tetap bisa menambah kesegaran di rumah layaknya tanaman hias lainnya.

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp