Mencengangkan! Ini 5 Jalan Setapak Paling Keren di Dunia

Salah satu unsur yang harus ada dalam sebuah taman adalah jalan setapak. Jalan ini membantu kita untuk bisa mengarungi keindahan taman tanpa merusak tanaman atau ornamen di sekitar. Tidak melulu di taman kota atau taman depan rumah milikmu, jalan setapak bisa digunakan di tempat-tempat yang justru tidak terpikirkan oleh otak kita. Fungsinya pun berkembang dari waktu ke waktu, dari membantu menyebrangi laut atau danau hingga membantu kamu mendaki gunung.

Dari sekian banyaknya jalan setapak, ada beberapa yang memiliki keindahan yang tiada tara di dunia. Meski terbuat dari bebatuan atau besi saja, jalan setapak ini mampu membantu orang-orang berjalan tanpa kesusahan sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan. Nah, berikut adalah jalan setapak yang paling keren dan menakjubkan di dunia. Yuk, kita simak di bawah ini!

Pulau San Juan de Gaztelugatxe, Bermeo, Spanyol

Jalan Setapak Game of Thrones di Spanyolvogue.com

Calling out for all Game of Thrones fans! Kalian pasti nggak asing dengan jalan setapak satu ini. Ya, berada tidak jauh dengan kota Bermeo, Spanyol, daerah ini dijadikan sebagai tempat syuting Dragonstone yang ada di serial Game of Thrones. Jalan setapak ini menghubungkan daratan ke sebuah kapel bernama San Juan de Gaztelugatxe. Seperti yang kita bisa lihat di gambar, jalan ini merupakan kombinasi jalan biasa dengan tangga yang terbuat dari paving block dan bebatuan alam.

Jalan Setapak Game of Thrones di Spanyolpinterest.com

Jalan setapak yang berlekuk-lekuk ini mengikuti kontur bukit yang akan mengantarkan kamu ke kapel. Sambil berjalan di atasnya, kamu bisa menikmati suara deburan laut yang memanjakan telingamu. Bayangkan jika tidak ada jalan  ini, mungkin para turis nggak bisa merasakan pemandangan matahari terbit dan terbenam di pulau San Juan de Gaztegatxe. Ditambah, dengan berjalan di jalan setapak ini, kamu akan merasa seperti dalam dunia Game of Thrones!

Haiku Stairs, Hawaii

Jalan Setapak Game of Thrones di Spanyolpinterest.com

Sama dengan San Juan de Gaztelugatxe, jalan setapak ini merupakan gabungan dari tangga dan jalan. Bedanya, jalan ini dan tangga terbuat dari besi. Haiku Stairs ini terkenal dengan julukannya yaitu Stairway To Heaven.

Mengapa? Jalan setapak ini menjadi jalan para turis menuju ‘surga’ pemandangan yang tiada tara dari puncak bukit. Kamu bisa menikmati pemandangan kota Hawaii ditemani kabut-kabut tipis yang menambah keindahannya.

Jalan Setapak Hawaiipinterest.com

Jalan setapak besi ini dikelilingi oleh gunung-gunung hijau. Selain itu, adanya Haiku Stairs membuat bukit menjadi tidak sepi dan ada aksen garis warna kuning. Kalau kamu pergi ke sini, kamu harus super hati-hati karena jalan setapak yang menuju ke puncak cukup curam.

Hallerbos, Belgia

Jalan Setapak di Belgiashutterstock.com

Berbeda dengan sebelumnya, jalan setapak di Hallerbos ini berada di tengah-tengah hamparan bunga ungu. Jalannya tidak dibiarkan dalam bentuk tanah basah. Di atasnya, terdapat tumpukan daun kering untuk menghindarkan pengunjung dari tanah yang lunak sehingga alas kaki mereka tidak terlalu kotor.

Jalan Setapak di Belgiaflickr.com

Warna jalan setapak pun terlihat kontras di antara bunga ungunya sehingga mudah dicari keberadaannya. Kamu bisa menikmati indahnya bunga-bunga ungu ini di bawah pepohonan rindang sambil membayangkan dirimu bak putri-putri di film Disney sambil berlarian mengarungi hutan Hallerbos.

Danau Plitvice, Kroasia

Jalan Setapak di Kroasiapinterest.com

Siapa bilang jalan setapak cuman bisa ada di daratan? Jalan setapak juga bisa dipakai di perairan, lho, seperti di Danau Plitvice, Kroasia ini. Danau ini menjadi salah satu bagian dari UNESCO World Heritage. Danau Plitvice terletak di tengah-tengah pegunungan yang menjadi perbatasan Kroasia dengan Bosnia-Herzegovina.

Jalan Setapak di Kroasiatwitter.com

Jalan setapak yang dipakai menghubungkan pulau kecil satu dengan yang lainnya. Alas dan penyangganya terbuat dari kayu. Sayangnya, di jalan ini tidak ada pembatas atau dalam kata lain railing jalan. Maka dari itu, pengunjung harus hati-hati saat berjalan di atasnya agar tidak jatuh ke dalam danau. Sambil berjalan, kamu bisa menikmati kejernihan air Danau Plitvice dan melihat air mancur kecil.

El Caminito Del Rey, Spanyol

Jalan Setapak di Spanyolbusinessinsider.com

Terakhir adalah jalan setapak yang ada di El Caminito Del Rey atau yang dikenal dengan The King’s Little Pathway di El Chorro-Alora, Spanyol. Konon katanya, jalan ini adalah salah satu jalan yang paling berbahaya dan menakutkan di dunia, lho! Betapa tidak,  jalan setapak ini dibuat menggantung dengan ketinggian lebih dari 330 kaki di atas Sungai Guadalhorce.

Jalan Setapak Spanyolbusinessinsider.com

Meskipun berbahaya dan menyeramkan, kamu akan mendapatkan pengalaman yang nggak akan terlupakan. Berjalan di jalan setapak yang terbuat dari kayu dan ditopang dengan besi yang kuat, melihat tebing pegunungan, hingga melihat pemandangan hijau di sisi lainnya. Ide membangun jalan setapak di tepi gunung tebing ini merupakan ide yang brilian karena jarang ada di dunia. Jalan ini dilengkapi railing agar pengunjung nggak jatuh. Tapi, pengunjung harus tetap hati-hati.

Itulah lima jalan setapak terkeren yang ada di dunia. Jalan setapak memberi nilai tambah bagi tempat wisata agar pengunjung bisa bebas berjalan dan menikmati seluruh pemandangan dan suguhan lainnya. Tanpanya, mungkin beberapa tempat wisata nggak bakal ramai. Kamu juga bisa mengadopsi desain jalan setapak tersebut di pekarangan rumahmu, kolam ikan, dan lain-lain.

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp