Jaga Kesehatan Ibu dan Anak Setelah Melahirkan, Ikuti 5 Tips Ini!

Kehadiran buah hati dalam kehidupan rumah tangga merupakan sebuah momen yang sangat berharga. Banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh calon orang tua, mulai dari biaya persalinan hingga investasi untuk masa depan ibu dan anak.

Namun, satu hal yang kerap terabaikan adalah menjaga kesehatan ibu dan anak setelah melahirkan. Saking sibuknya mengurus si kecil, terkadang sang ibu mengabaikan kesehatannya sendiri.

Kalau si ibu jatuh sakit, tentu akan muncul berbagai macam masalah baru. Demi kebaikan ibu dan anak, ikuti lima tips berikut ini dan terapkan di hunian untuk menjaga kesehatan ibu dan anak setelah melahirkan!

Siapkan furnitur yang aman bagi ibu dan anak

kamar bayi dengan ayah ibu dan anak

Furnitur yang paling berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan anak adalah kasur beserta tempat tidur. Selain memilih ukuran tempat tidur besar seperti king atau extra king size dengan dinding busa di sekelilingnya, gunakan tempat tidur bayi yang dilengkapi dengan pagar. Dekoruma jual tempat tidur bayi dengan ragam model dan tentunya berpagar serta aman untuk si kecil.

Jangan lupa untuk melapisi sudut tajam pada furnitur menggunakan busa atau silikon untuk menghindari kecelakaan.  Pastikan perlengkapan bayi terbuat dari material yang tidak menimbulkan alergi. Tambahkan juga kursi santai supaya ibu dan anak dapat bersantai sekaligus menyusui dengan nyaman.

Ciptakan suasana hunian yang nyaman bagi ibu dan anak

kamar bayi dengan kursi santai untuk ibu dan anakelledecor.com

Suasana hunian yang nyaman akan membuat ibu dan anak terhindar dari stres. Gunakan warna lembut seperti biru muda, putih, atau merah muda pastel untuk interior hunian.

Setel pendingin ruangan pada suhu normal untuk menghindari ibu dan anak merasa kedinginan atau kepanasan. Selain itu, kamu perlu menggunakan air purifier untuk menjaga kebersihan udara karena udara yang bersih akan membuat bayi lebih sehat dan nyaman bernafas.

Jaga kebersihan tempat tinggal ibu dan anak

ibu dan anak duduk di sofa dan suami membersihkan rumah dengan vacuum cleanershutterstock.com

Salah satu kriteria rumah sehat adalah menjaga kebersihan rumah. Sebagai tempat tinggal ibu dan anak, hunian perlu dipastikan agar selalu bersih demi menjauhkan mereka dari kuman penyakit.

Selain mencuci bersih peralatan makan dan mainan bayi dengan disinfektan khusus, gunakan vacuum cleaner untuk menyerap semua kotoran debu dari perabotan secara lebih menyeluruh. Tak lupa, ibu dan anak juga perlu menjaga kebersihan diri dengan selalu rutin mengganti pakaian dan popok bayi serta mencuci tangan sebelum memegang bayi.

Menjaga asupan makan ibu dan anak

ibu dan anak sedang meminum susu dari botolthebump.com

Selain istirahat yang cukup, asupan makan ibu dan anak juga perlu diperhatikan. Untuk sang ibu, pola makan sehat perlu dijaga agar dapat menghasilkan ASI yang berkualitas bagi si kecil.

Setidaknya selama 6 bulan setelah melahirkan, ibu membutuhkan 65 gram karbohidrat per hari, 17 gram protein lebih banyak dari biasanya, dan 12-13 gelas air putih per hari. Sementara itu, bayi perlu diberikan ASI secara rutin.

Olahraga bersama ibu dan anak

ibu dan anak diangkat untuk olahraga bersamabostonmagazine.com

Sama halnya seperti orang biasa, ibu juga perlu olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga di rumah cukup dilakukan secara ringan saja seperti senam atau jalan santai. Jangan terlalu memaksakan diri apabila luka operasi atau vagina belum sembuh benar.

Saat ini juga sudah tersedia kelas senam untuk ibu dan anak yang dipimpin oleh instruktur profesional. Apabila anak sudah memungkinkan untuk dibawa keluar rumah, mengapa tidak melakukannya bersama? Ibu dan anak pun bisa bertemu dengan teman baru.

ibu dan anak dengan tangan memegang kakipixabay.com

Menyambut kehadiran si kecil memang suatu momen yang berharga. Agar ibu dan anak dapat selalu sehat, pastikan mempersiapkan hunian serta mengikuti tips dan trik di atas.

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp