Ingin Tingkatkan Keamanan Rumah? Yuk, Pasang Kamera CCTV!

Demi menjaga keamanan di dalam dan di sekitar rumah, banyak orang melakukan ragam cara seperti menggunakan pagar rumah yang tinggi, merekrut satpam pribadi, hingga memelihara anjing penjaga. Selain cara-cara tersebut, ada satu cara yang sudah umum digunakan masyarakat untuk meningkatkan keamanan tempat tinggal hingga tempat usahanya, yaitu menggunakan kamera CCTV.

dua kamera CCTV warna kuningunsplash.com

Kamera CCTV memang sudah digunakan banyak orang. Awalnya, kamera pengawas ini berbentuk agak besar dan hanya bisa digunakan di bangunan yang besar. Harga instalasinya pun mahal. Namun seiring berjalannya waktu, rumah kecil, toko kecil, hingga kamar kos pun bisa dipasang CCTV dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tentunya dengan biaya instalasi yang lebih ekonomis.

Karena sudah banyak terpasang di ragam tempat, Kania yakin kamu pasti sudah tahu bentuk kamera CCTV seperti apa. Akan tetapi, apakah kamu sudah mengenali kamera CCTV dengan lebih mendalam? Selain meningkatkan keamanan, apa saja manfaatnya?

Hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu

tiga kamera CCTV dipasang di tembok putihshutterstock.com

Kamera CCTV merupakan kependekan dari Closed Circuit Television. Dari namanya ini, kita bisa mengetahui bahwa kamera CCTV bersifat tertutup meskipun dipasang di ruang publik. Artinya, akses melihat rekaman CCTV hanya terbuka pada jaringan dan IP tertentu saja. Hanya orang-orang yang berwenang saja yang berhak atas kamera CCTV beserta hasil rekamannya.

Dalam sebuah gedung perkantoran atau gedung pemerintahan, yang berhak atas penggunaan kamera CCTV dan rekamannya adalah pihak keamanan gedung tersebut. Mereka pun harus mengawasi hasil rekaman CCTV yang bersifat live atau disiarkan langsung dari lokasi CCTV dalam sebuah ruangan.

Tentu hal ini berbeda untuk pemasangan di rumah. Kamu sebagai pemilik rumah tentu bisa mengakses kamera CCTV dan berhak memberi wewenang kepada siapa pun anggota keluarga yang kamu percayai.

Kamera CCTV terdiri dari dua jenis

kamera CCTV analog di tembokshutterstock.com

Kamera CCTV memang dijual dalam ragam model dan harga. Meskipun beragam, kamera CCTV hanya punya dua jenis saja, yaitu kamera analog dan digital. Kamera CCTV analog akan mengirimkan rekaman video live melalui kabel coaxial. Kabel ini sering dijumpai di televisi analog yang berfungsi menangkap sinyal dari antena televisi.

kamera CCTV digital dipasang di langit-langitshutterstock.com

Berbeda dengan kamera CCTV analog, kamera CCTV digital mengirimkan video tersebut melalui kabel UTP (Unshielded Twisted Pair). Selain kabel UTP, kamera CCTV digital juga dilengkapi dengan IP address sehingga kamera jenis ini juga dikenal dengan nama IP camera. Keberadaan IP address ini membuat kamera CCTV digital bisa diakses lewat jaringan LAN atau WAN tanpa menggunakan converter tambahan.

Bisa digunakan untuk memantau kondisi terkini

kamera CCTV diletakkan di kamar anak warna pinkshutterstock.com

Seiring berjalannya waktu, kamera pengawas ini pun tak hanya bisa diakses melalui ruangan pengawasan di mana rekaman CCTV disiarkan langsung, tetapi kamu bisa memantaunya dari smartphone milikmu. Meski kamu sedang bekerja di kantor, kamu tetap bisa memantau pergerakan si kecil yang sedang dijaga oleh babysitter atau asisten rumah tangga di kamar tidurnya. Jika kamera CCTV dipasang di toko, kamu bisa memastikan karyawan-karyawanmu bekerja dan tidak melakukan hal lainnya.

Menjaga keamanan

petugas keamanan sedang memantau keamanan lewat rekaman kamera CCTVshutterstock.com

Tak hanya untuk memantau kegiatan, kamera CCTV memiliki fungsi utama sebagai pencegah tindakan kriminal. Misalnya, kamera CCTV yang dipasang di sudut dekat pagar rumah bisa memantau siapa saja yang masuk ke rumah. Apabila kamera CCTV menyiarkan secara langsung orang asing yang berusaha keras masuk ke rumah, kamu bisa langsung menyiasatinya dengan menelepon polisi atau security kompleks setempat supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bisa jadi alat bukti tindak kejahatan

pencuri tertangkap kamera CCTV menjebol pintushutterstock.com

Jika rumah atau tokomu sudah terlanjur kemalingan, hasil rekaman video CCTV bisa dijadikan alat untuk menguak siapa pelaku pencurian. Tak hanya mengetahui pelaku, kamu juga bisa mengetahui cara dia melakukan aksinya dan kapan terjadinya. Selain pencurian, rekaman video CCTV memperlihatkan kronologi pembunuhan atau tindak kejahatan lainnya.

Membantu mencari barang

layar tablet menunjukkan video CCTVshutterstock.com

Suatu hari kamu ingin mencari sebuah barang tetapi kamu lupa menaruhnya di mana. Kamera CCTV bisa menolong kamu, lho. Karena kamera CCTV merekam semua pergerakan di sekitarnya setiap saat, kamu bisa mencari barang yang kamu maksud dengan melihat rekaman-rekaman tersebut.

Guna kamera CCTV sangat beragam dan bermanfaat, ya? Jika kamu tinggal di rumah yang rawan terjadi tindak kriminal atau kamu mempunyai toko, mulailah memasang kamera pengawas ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pilih juga kamera CCTV yang sesuai dengan budget dan kebutuhan, ya!

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp