Buat Rumah Lebih Adem dengan 6 Pohon Peneduh Ini

Tinggal di Indonesia berarti kamu harus siap menghadapi teriknya matahari. Tidak hanya di luar ruangan saja, cahaya matahari yang panas pun bisa memasuki bagian dalam rumahmu. Memasang AC atau pendingin ruangan kerap menjadi alternatif untuk membuat rumah cepat adem, tapi hal ini bukan solusi terbaik karena menggunakan banyak energi listrik dan tidak ramah lingkungan.

Lalu, bagaimana solusi terbaik untuk membuat rumah menjadi lebih adem dan sejuk? Jawabannya adalah dengan menanam pohon peneduh di sekitar rumah. Pohon peneduh memiliki daun-daun yang dapat menghalau sinar matahari, debu, bahkan polusi suara. Dengan demikian, suasana di sekitar rumah akan jadi lebih segar dan tenang. Tagihan listrik pun tidak akan membengkak karena kamu hanya perlu merawat pohon peneduh dengan memberikan air secara rutin. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menerapkan solusi ini di rumah, yuk intip rekomendasi pohon peneduh dari Kania di bawah ini!

Pohon Peneduh Ketapang Kencana

pohon peneduh ketapang kencanapinterest.com

Pohon peneduh ketapang kencana menjadi idaman bagi pemilik rumah minimalis dengan lahan taman terbatas. Dalam dunia tanaman, ketapang kencana tergolong sebagai tanaman kanopi dengan batang yang lurus dan ramping. Ranting-rantingnya akan mulai tumbuh di bagian atas. Sementara itu, daunnya kecil-kecil, tapi tetap rimbun sehingga tampak seperti payung.

Pohon peneduh ini dapat tumbuh hingga 20 meter. Jika ingin meletakkan kursi teras di taman, area di sekitar pohon peneduh ketapang kencana ini bisa jadi pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk memangkas daun-daun dari pohon peneduh ini agar tetap terlihat rapi, ya!

Pohon Peneduh Kersen

pohon penedu kersen123rf.com

Pohon peneduh kersen paling cocok bagi kamu yang super sibuk. Hal ini karena pohon peneduh kersen dapat tetap tumbuh subur dalam waktu singkat tanpa perlu diberi pupuk atau pun disiram setiap hari. Batang pohon peneduh ini berukuran sedang dan agak lentur sehingga tidak mudah patah saat tertiup angin kencang. Daunnya pun hijau dan rimbun sehingga rumah akan terasa adem. Tinggi pohon peneduh ini bisa mencapai 12 meter.

Selain itu, pohon peneduh kersen juga memiliki buah menyerupai ceri dengan rasa yang manis, tapi sedikit asam. Burung-burung dan kelelawar sangat menyukai buah dari pohon peneduh tersebut. Meskipun demikian, kamu juga bisa menikmatinya, lho! Uniknya, pada musim berbunga, pada pohon peneduh ini akan muncul jenis bunga kecil berwarna putih.

Pohon Peneduh Tabebuya

pohon penedu tabebuyagoogle.com

Masih ingat dengan pohon berbunga di sepanjang jalan daerah Surabaya? Pohon tersebut adalah pohon peneduh tabebuya yang disebut-sebut sebagai saingannya pohon sakura. Apabila kamu menginginkan rumah yang adem sekaligus cantik, pohon peneduh yang satu ini bisa menjadi solusi. Bunga dari pohon peneduh ini sangat rimbun dan terdiri dari beragam warna, seperti kuning, pink, ungu, dan putih.

Tinggi pohon peneduh tabebuya dapat mencapai delapan meter dan daunnya tidak mudah rontok. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot menyapu halaman dan rumah akan selalu adem. Selain indah, pohon peneduh ini juga memiliki akar yang tidak merusak dinding.

Pohon Peneduh Angsana

pohon penedu angsanaflickr.com

Pohon angsana terkenal sebagai pohon peneduh jalanan. Namun, pohon peneduh ini tidak menutup kemungkinan untuk ditanam di sekitar rumah. Daunnya yang hijau terang dan bunganya yang berwana kuning membuat tampilannya sangat cerah dan cantik. Untuk urusan mengademkan rumah, pohon peneduh ini memiliki daun yang rapat satu sama lain.

Pada perkebunan khusus, pohon peneduh angsana dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 40 meter. Namun, pohon peneduh angsana yang ada di pinggir jalan atau rumah tidak akan tumbuh setinggi itu karena merupakan hasil stek. Apabila ada angin kencang, kamu perlu berhati-hati karena pohon peneduh ini rawan tumbang.

Pohon Peneduh Mangga

pohon penedu manggatwitter.com

Memiliki rumah yang adem sekaligus bisa memanen buah pasti menyenangkan, ya? Itulah yang akan kamu dapatkan jika menanam pohon peneduh mangga di rumah. Daun pohon peneduh ini memiliki ukuran yang panjang dan rapat satu sama lain. Jumlah daunnya pun sangat banyak.

Pohon peneduh yang satu ini dapat tumbuh tinggi mencapai 10 meter. Jika menanam pohon peneduh ini, jangan lupa untuk rutin memberikan pupuk, ya! Tujuannya untuk menyuburkan pohon dan menghasilkan buah yang nikmat.

Pohon Peneduh Pucuk Merah

pohon penedu pucuk merahstewartflowers.net

Daun-daun berwarna merah di musim gugur terlihat sangat cantik, ya. Sayangnya, di Indonesia tidak ada musim gugur. Namun, ada pohon peneduh pucuk merah yang bisa menciptakan suasana serupa. Pada musim kemarau, bagian atas daun pohon peneduh ini akan berubah menjadi kemerahan dan tumbuh sangat lebat. Pohon peneduh ini pun memiliki batang yang ramping.

Pohon peneduh pucuk merah juga ada yang ukurannya kecil sehingga sangat cantik untuk dijadikan sebagai “pagar” rumah. Selain itu, pohon pucuk merah ini memiliki banyak manfaat, lho! Tertarik untuk menanam pohon peneduh ini di rumah?

Setelah melihat rekomendai pohon peneduh di atas, apakah kamu sudah tahu pohon peneduh mana yang akan kamu tanam untuk mengademkan rumahmu? Apa pun pilihanmu, pastikan untuk selalu merawat pohon peneduh yang kamu tanam agar tetap hidup dan bertumbuh subur. Selamat menanam!

Jangan lupa, baca juga artikel dengan informasi dan inspirasi lainnya yang akan dibagikan Dekoruma setiap hari. Tak hanya artikel saja, Dekoruma juga menyediakan produk furnitur, peralatan rumah tangga, dan dekorasi untuk melengkapi hunianmu, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin Dekoruma sekarang juga!

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp