Banyak Diminati, Ini 5 Kelebihan Pagar BRC

foto: pinterest

Pagar BRC atau British Reinforced Concrete (nama produsen pagar asal Inggris) adalah pagar minimalis siap pasang terbuat dari besi beton dengan diameter berkisar dari 5 mm hingga 8 mm.

Saat ini Pagar BRC banyak digunakan untuk rumah maupun gedung perkantoran salah satunya karena bentuk yang khas dengan bagian ujung pagar yang ditekuk dan membentuk segitiga siku-siku. 

Selain itu jenis pagar yang terbuat dari material besi U-55 ini juga relatif mudah penggunaan dan pemasangannya.

Untuk proses pembuatan pagar BRC sendiri adalah dengan memotong kawat besi sesuai ukuran dan kebutuhan, lalu dilas menggunakan mesin wire mesh.

Wire mesh sendiri adalah istiah untuk rangkaian besi yang terdiri dari baris kawat yang saling terhubung (tersambung) melalui proses pengelasan. Dengan begini sambungan besi akan terikat sempurna dan lebih kokoh.

foto: pixabay.com 

Nah, dalam hal ini, semakin berkualitas mesin wire mesh, tentunya juga akan menentukan kualitas dari pagar BRC itu sendiri.

Kemudian saat lembaran kawat keluar dari mesin, berikutnya masuk ke tahap yang disebut galvanizing yakni proses yang tujuannya meningkatkan ketahanan korosi. Dengan begini, Anda Anda tak perlu mengecat berulang kali. 

Keunggulan Pagar BRC Dibanding Jenis Pagar Lain

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keunggulan dari pagar BRC:

  1. Kuat

Dibuat dari baja tegangan tinggi 2.900 kg/cm2, membuat pagar ini 2,5 kali lebih kuat dari besi biasa. Jadi kalau dipasang, pagar ini tidak mudah melengkung.

Selain itu, kekuatan pagar ini juga karena bagian atas dan bawahnya yang berbentuk segitiga dirancang lebih lebar yakni 10cm dibanding pagar jenis lain yang hanya 6 cm.

  1. Anti-karat

foto: pixabay.com

Seperti yang disinggung sebelumnya, pagar BRC melalui proses galvanizing dan electroplating. 

Ini adalah bagian dari tahap finishing yang akan membuat pagar jadi tahan karat bahkan bisa sampai bertahun-tahun. 

Sehingga jenis pagar BRC ini bisa jadi pilihan tepat bagi yang ingin memasang pagar dekat daerah pabrik (industri) atau pantai.

  1. Praktis

Di awal sempat disinggung bahwa pagar ini tersedia dalam bentuk siap pasang. 

Tak hanya itu, pemasangannya pun mudah sehingga terbilang praktis, tanpa memakan banyak waktu seperti halnya pagar biasa.

  1. Minimalis

Bentuk minimalis menjadi salah satu yang banyak diminati saat ini. Apalagi untuk bangunan yang ukurannya tidak terlalu besar.

Selain terlihat elegan dan lebih rapi, model minimalis juga membuat ruang terbatas tampak lebih luas.

Begitu pula dengan pagar BRC yang didesain simple berupa perpaduan garis vertikal dan horizontal, namun dengan sambungan yang rapi karena menggunakan mesin berkualitas tinggi.

foto: pixabay.com

Disamping kelebihan ini, ada pula kekurangan pagar BRC. Misalnya model yang tidak banyak alias kurang variatif, sehingga cenderung monoton.

  1. Ekonomis

Ini tentu juga jadi salah satu pertimbangan banyak orang dalam memilih jenis pagar ini. Ya, pagar BRC yang bisa dijumpai dimana saja seperti perkebunan, lapangan olahraga (stadion) dan gudang ini terbilang ekonomis.

Harga jual pagar BRC rata-rata sekitar Rp 250 ribu per 2,4 m, namun ini tentu berbeda-beda di setiap daerah.

Misalnya kalau Anda mencari harga pagar BRC Bandung ada yang menjual mulai dari Rp 93 ribu per 2,4 m. Harga ini untuk ukuran pagar BRC dengan tinggi 60 cm dan tebal 4mm serta dalam kondisi sudah siap pasang.

Tersedia pula ukuran pagar BRC untuk tinggi 90 cm, 120 cm, 175 cm, 190 cm hingga 240 cm dengan ketebalan yang juga beragam mulai dari 4 mm, 4,5 mm, 5,5 mm, 7 mm dan 8 mm.

Cara pemasangan pagar BRC pun relatif mudah yakni digabung dengan tiang BRC atau tiang beton, lalu dijepit menggunakan u-clip.

U-clip sendiri merupakan aksesoris berupa klem penjepit yang dibaut pada tiang BRC dan dijual terpisah dengan panel BRC.

Harganya terbilang murah apalagi kalau dibeli paketan berupa klem dan bautnya, yakni sekitar Rp 12 ribu untuk isi 4 klem dan 2 baut.

foto: pinterest

Tips Memilih Tipe Pagar BRC

Bisa dibilang pagar BRC memenuhi kriteria ideal. Karena secara umum dalam memilih pagar untuk berbagai kebutuhan seperti untuk rumah, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

  1. Memilih model atau tema yang serasi dengan rumah 

Saat ini banyak orang yang berminat pada rumah model minimalis, maka pagar minimalis seperti pagar BRC bisa jadi pilihan menarik. 

Tujuannya tentu saja membuat tampilan hunian jadi tampak lebih menarik.

  1. Sesuaikan ukuran pagar dengan ukuran rumah

Begitu pun dengan ukuran.

Meski tak ada ketentuan khusus, tapi memilih ukuran pagar ini juga demi tampilan rumah yang sedap dipandang. 

Biasanya rumah minimalis seperti tipe 36/72 bisa menggunakan pagar dengan tinggi tak lebih dari 1,2m. 

Dalam hal ini ukuran pagar BRC yang beragam bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Jadi meski modelnya tidak banyak, tapi ukuran yang beragam akan sangat memudahkan dalam memilih yang sesuai dengan rumah Anda.

  1. Pilih material yang berkualitas

Karena pagar rumah akan terpapar berbagai kondisi, mulai dingin hingga panas, maka diperlukan pagar dengan kualitas terbaik yang tahan terhadap segala kondisi. 

Pagar BRC adalah salah satu yang bisa Anda andalkan dalam hal ini karena proses galvanizing dan electroplating yang membuatnya tahan hingga 10 tahun tanpa Anda perlu cat ulang.

foto: pinterest

Sekarang Anda tentu sudah tak ragu lagi ya, untuk memilih pagar BRC?

Semoga bermanfaat!

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp