7 Pesona Wisata Pagar Alam yang Tak Boleh Dilewatkan (Lengkap dengan Harga Penginapan)

photo: travelingyuk.com

Kota Pagar Alam atau Pagaralam adalah salah satu kawasan yang berlokasi di Provinsi Sumatera Selatan. Sebelum berstatus kota di tahun 2001, Pagar Alam merupakan bagian dari kawasan Kabupaten Lahat. 

Dan ternyata di daerah dengan luas sekitar 633 km2 ini juga terdapat Pagar Alam airport yang berlokasi di daerah Dempo Selatan.

Bernama Atungbungsu, Bandara Pagar Alam ini memiliki luas sekitar 200 hektar dengan landas pacu sepanjang 1.300 meter dan tahun ini akan ditambah menjadi 1.600 meter.

Selama ini Bandara Atungbungsu baru melayani penerbangan dari dan menuju Palembang, Bengkulu dan Jakarta dengan maskapai yang masih sangat terbatas.

photo: airmagz.com

Dengan melakukan perbaikan dan pengembangan di sana sini, diharapkan tentunya bandara ini nantinya akan jauh lebih memadai, salah satunya dengan bertambahnya maskapai yang bisa mendarat di sini.

Namun, faktor utama yang mendorong perbaikan bandara ini sebenarnya adalah kesadaran pemerintah akan potensi wisata Pagar Alam.

Tak berlebihan jika pemerintah ingin mengembangkan infrastruktur di Pagaralam karena melihat potensi wisata daerah ini. 

Pagar Alam Indonesia bisa jadi salah satu kawasan dengan sejumlah objek wisata alam namun belum banyak diketahui wisatawan.

Terletak sekitar 290 km dari Palembang, kota yang beriklim sejuk ini memiliki pemandangan alam yang indah dan sejumlah peninggalan purbakala sebagai objek wisata sejarah. 

Salah satu objek wisata populer adalah Gunung Dempo Pagar Alam yang merupakan puncak tertinggi Sumatera Selatan dengan ketinggian lebih dari 3100 mdpl.

Bahkan terdapat sejumlah destinasi populer di sekitar kawasan Gunung Dempo yang merupakan bagian dari Bukit Barisan ini, misalnya:

  1.  Kaki Gunung Dempo

photo: pesona.travel

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, seperti melihat dari dekat hamparan Kebun Teh Pagaralam.

Kebun yang sudah ada sejak 1929 ini berluas 1.500 hektar dimana Anda juga bisa melihat pemandangan Kota Pagar Alam yang berada sejauh 9 km.

Selain melihat kebun teh, aktivitas favorit wisatawan bila datang ke sini adalah menikmati sunrise yang memesona sambil ditemani secangkir kopi khas Pagaralam.

Ingin yang lebih ekstrim? Anda bisa mencoba paralayang dimana lokasi take-up nya ada di ketinggian 1900 mdpl. 

Di titik awal paralayang ini dibangun Tugu Rimau (harimau) dan titik pendaratannya ada di Tangga Seribu dengan ketinggian 900 mdpl.

photo: tribunnews.com

Tangga Seribu ini juga merupakan salah satu destinasi wisata Pagaralam yang memanjang membelah hingga ke area perkebunan teh. Jadi dari sini Anda bisa menikmati hamparan hijau kebun teh dengan udara yang sejuk.

  1. Dempo Park

Ini adalah objek wisata terbaru di sekitar kawasan ini, dengan latar belakang Gunung Dempo. Anda bisa menikmati suasana sambil bermain dengan mengajak anak-anak, karena di sini terdapat juga playground. 

Selain itu Anda juga bisa berfoto-foto, karena oleh pengelola telah disediakan sejumlah spot yang instagrammable.

Menariknya lagi dari Dempo Park ini, Anda bisa dengan mudah ke dua objek air terjun.

  1. Curup Mangkok dan Curup Embun

photo: pesona.travel

Kedua air terjun ini letaknya berdekatan dan bisa Anda jumpai setelah menyusuri perkebunan kopi.  

Curup atau cughup adalah nama lain dari air terjun yang biasa digunakan oleh warga setempat.

Untuk mencapai lokasi Curup Embun, Anda harus melakukan tracking dengan medan jalan menurun. Tak perlu khawatir, karena jalan ini dilengkapi pembatas besi sehingga tak hanya aman tapi juga memudahkan saat berjalan.

Kalau Anda ingin berendam dan merasakan sejuknya air terjun, coba saja di Curup Mangkok. Anda bisa sekaligus menikmati suasana alami dengan pohon rindang di sekelilingnya.

Dan kalau lelah serta ingin santai, di sekitar objek air terjun terdapat pula warung kopi dan penjual makanan. Bahkan ada pula fasilitas pendukung seperti toilet dan musala. 

Namun sebenarnya di sekitar kawasan ini tak hanya ada dua air terjun saja, melainkan ada pula yang lainnya yakni Curup Tujuh Kenangan yang tak kalah menarik.

  1. Sungai Lematang Indah

photo: wisatapagaralam

Sungai dengan kedalaman 2 meter ini memiliki daya tarik berupa air terjun di atasnya dengan ketinggian 20 meter. 

Sering pula disebut sebagai Sungai Air Baru, area ini sering digunakan oleh para wisatawan sebagai tempat arung jeram dengan panjang 50 m.

Untuk melihat air terjun lebih dekat, Anda harus menyeberangi sungai menggunakan perahu berkapasitas 4 orang. 

Tempat ini bisa jadi salah satu destinasi wajib jika Anda berkunjung ke Pagar Alam Sumsel.

Selain di sekitar Gunung Dempo, tentu masih ada tempat wisata Pagar Alam lainnya yang bisa Anda kunjungi, contohnya:

  1. Tebat Gheban

photo: instagram/pesonasriwijaya 

Tebat sendiri adalah nama lain dari danau, jadi objek yang berlokasi sekitar 7 km dari pusat Kota Pagar Alam  ini bisa di disebut pula sebagai Danau Gheban.

Memiliki luas kurang lebih 4 hektar dengan kedalaman mencapai 12 meter, jika berkunjung ke sini, Anda bisa menikmati pemandangan sekitar sambil duduk-duduk di gazebo. Di sekitar danau ditanami pula pohon cemara yang menambah keasrian suasana. 

Atau Anda bisa pula menyusuri danau dengan menggunakan rakit. Bahkan kalau cuaca sedang cerah Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Dempo. 

Banyak pula yang datang kemari untuk memancing ikan. Dan selain pemancing, Anda juga akan menemukan para penambak udang di sekitar sini.

  1. Danau Merah

photo: lokadata

Berada di perbatasan Kota Pagar Alam Palembang dengan Kabupaten Kaur Bengkulu, danau ini sesuai namanya memiliki warna kemerahan. 

Namun jika airnya diambil menggunakan tangan, maka akan berubah warna jadi kecokelatan seperti danau pada umumnya.

Yang tak kalah menarik adalah aroma khas seperti aroma pandan yang berasal dari danau ini, khususnya di malam hari.

Ditemukan pula hewan langka seperti kelabang dan burung dengan ukuran raksasa. Dan menariknya, hewan yang hidup di alam liar ini tidak buas, bahkan cenderung jinak dan akan menghindar jika melihat manusia.

  1. Berbagai peninggalan prasejarah

photo: suarakarya.id

Daya tarik Pagaralam tak hanya sebatas objek wisata alamnya. Buktinya, tak jauh dari Danau Merah ada Rimba Candi yang diyakini sebagai cikal bakal Kerajaan Sriwijaya, meski hingga kini masih ditelusuri kebenarannya. 

Kondisi Rimba Candi sendiri juga belum diketahui sepenuhnya dan sampai sekarang baru dijumpai peninggalan berupa batu berbentuk tangga, kursi dan tidak ada batu tulis, arca dan sebagainya.

Meski masih diteliti dan belum masuk dalam situs budaya, ada yang meyakini candi ini adalah yang pertama di Pulau Sumatera.

Selain itu, peninggalan prasejarah di Pagar Alam juga terbilang banyak. Ada batu megalit berumur ribuan tahun dengan bentuk dan bunyi menyerupai gong, lalu juga ada arca manusia purba.

***

Nah, dengan segala pesona yang dimilikinya, apalagi pemerintah terus berupaya untuk membenahi infrastruktur dan fasilitas pendukung wisata di Pagar Alam, tak heran jika bisnis properti di sini juga terbilang menarik, khususnya bisnis penginapan. Dan selain hotel di Pagar Alam juga banyak sekali dibuka vila.

Misalnya ada Villa Mentari yang memiliki 3 kamar tidur (double bed) dan 3 kamar mandi lengkap dengan water heater

Selain itu ada pula dapur lengkap dengan perlengkapan masak dan makan serta BBQ area, kolam renang dan kolam pancing serta area parkir yang berkapasitas sekitar 6 mobil.

Untuk harga sewa vila Pagar Alam satu ini adalah sekitar Rp400 ribu-an untuk satu kamar per malam.

Pilihan lainnya adalah Villa Besemah yang menyediakan fasilitas berupa air panas, layanan kamar 24 jam, TV kabel dan masih banyak lagi. 

Vila ini memiliki 3 unit penginapan dengan kapasitas masing-masing 12 orang dengan harga sewa tipe 3 kamar sekitar Rp1 juta-an per malam. Sementara yang 2 kamar sekitar Rp900 ribu-an.

photo: dok. villa seganti setungguan

Atau bisa pula pertimbangkan Villa Seganti Setungguan yang menyediakan banyak sekali fasilitas. Salah satu yang menarik adalah sepeda sewaan yang bisa digunakan untuk menyusuri kebun teh di kaki Gunung Dempo.

Jadi, apa Anda tertarik berkunjung ke Pagar Alam?

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp