7 Model Pagar Kayu Palet Minimalis dan Cara Membuatnya

Sebagian orang merasa bahwa pagar adalah bagian dari rumah yang tidak dapat terpisahkan. Entah itu untuk menjaga privasi dan keamanan maupun untuk menambah nilai dekoratif eksterior rumah.

Namun, terkadang, pagar rumah ini ditiadakan karena dianggap sebagai pemborosan biaya renovasi atau pembangunan. Padahal, pagar kayu palet dapat menjadi pilihan pagar rumah yang unik dan ramah kantong, lho!

Kayu palet sendiri adalah kayu pengemas yang terbuat dari berbagai macam bahan baku, diantaranya yaitu kayu murni atau kayu keras, triplek atau multiplek, dan bahan MDF atau melamin. 

Arus ekspor dan impor yang cepat menyebabkan ketersediaan kayu palet ini melimpah. Sehingga, kayu palet dapat dimanfaatkan sebagai bahan interior ataupun eksterior rumah yang bagus dan ekonomis.

Tertarik untuk membuat pagar dari kayu palet ini di rumah? Coba simak 7 model pagar kayu palet minimalis dan cara pembuatannya ini, ya! 

  1. Pagar Kayu Picket

(Photo: Pinterest)

Model pagar picket adalah desain pagar paling populer untuk menambah unsur artistik pada tampak depan rumah anda. Model pagar kayu klasik ini banyak digunakan pada rumah bergaya country dengan taman kecil di pekarangannya. 

Pagar kayu picket dibuat dari rangkaian beberapa potongan kayu palet yang berbentuk runcing pada bagian ujungnya. Jika anda ingin memberikan kesan natural dan rustic pada pagar, sebaiknya biarkan pagar tanpa finishing sehingga kesan kayunya semakin kuat.

Namun, apabila anda menginginkan kesan pagar minimalis, anda dapat mengecat kayu palet dengan warna putih, atau warna netral yang senada dengan warna cat rumah.

  1. Pagar French Gothic Picket

(Photo: Pinterest)

Pagar kayu model French Gothic Picket ini masih sama dengan model pagar sebelumnya. Namun, perbedaannya terdapat pada bentuk ujung kayu palet yang digunakan. 

Jika model pagar sebelumnya hanya berbentuk runcing, French Gothic Picket memiliki bentuk yang lebih unik. Desain pagar ini menyesuaikan gaya arsitektur Gothic yang biasanya memiliki banyak lengkungan.

  1. Pagar Kayu Minimalis Shadow Box

(Photo: Outdoor Decorations)

Shadow Box merupakan model pagar kayu minimalis yang sangat sederhana dan mudah dibuat. Anda dapat membuat pagar ini tanpa harus meng-custom bentuk kayu. Kayu palet dapat langsung dirangkai untuk membuat pagar Shadow Box.

Pagar ini sangat cocok dibuat dengan kayu palet berwarna gelap karena anda tidak perlu melakukan finishing atau pengecatan setelah pagarnya jadi. Meskipun sangat populer karena merupakan pagar kayu murah yang mudah dibuat, model ini tetap punya kekurangan.

Pagar Shadow Box yang rendah kurang cocok digunakan apabila anda tinggal di lingkungan yang kurang aman. Pagar seperti ini tidak bisa menjaga privasi anda dengan baik karena orang asing dapat dengan mudah mengamati rumah anda dari luar.

  1. Model Pagar Framed Courtyard with Cap

(Photo: Pinterest)

Jika anda membutuhkan pagar rumah yang dapat menjamin privasi, model pagar dari kayu yang satu ini bisa jadi pilihan yang menarik. Model pagar ini dapat dibuat dengan palet kayu berukuran besar yang disusun rapat-rapat. 

Ketinggiannya pagarnya dapat disesuaikan dengan desain rumah anda. Semakin tinggi pagar, privasi anda tentunya semakin terjaga. Jika model pagar ini rasanya terlalu polos, anda dapat menambahkan atap kecil di bagian atas pagar.

  1. Pagar Kayu Lipat

(Photo: Pinterest)

Jika anda memiliki lahan yang terbatas, model pagar kayu lipat ini adalah solusi yang sangat menarik. Tak hanya dapat mengatasi permasalah lebar bangunan dan lahan, pagar ini juga tidak membutuhkan ruang banyak untuk proses buka-tutupnya.

Hanya saja, pagar kayu lipat juga membutuhkan bahan besi dalam pembuatannya. Kayu digunakan sebagai bahan dasar pagar, namun rangka pagar tetap menggunakan besi agar memiliki engsel yang membuatnya menjadi pagar lipat minimalis

  1. Pagar Ranch Rail

(Photo: Pinterest)

Jika kebutuhan pagar rumah anda hanya sekedar untuk memperjelas batas lahan, pagar Ranch Rail adalah model pagar rumah yang sangat cocok. Ini merupakan pagar kayu murah yang sangat mudah untuk dibuat. Meski demikian, modelnya tidak membosankan.

Model pagar rumah ini sendiri sangat banyak ditemui di pedesaan atau di tempat yang lingkungannya sangat ramah, sehingga privasi sama sekali bukan hal yang dipermasalahkan.

  1. Pagar Dog Eared

(Photo: Classicfenceco)

Nah, apabila anda tinggal di lingkungan yang sangat membutuhkan privasi, pagar model Dog Eared bisa jadi pilihan yang menarik. Berbeda dengan model pagar rumah Framed Courtyard with Cap, Dog Eared lebih unik karena ujung pagarnya dibuat melengkung.

Ini merupakan salah satu model pagar kayu klasik yang banyak kita temui. Ujung palet kayu yang besar dipotong melengkung terlebih dahulu. Setelah itu, barulah palet kayu disusun secara rapat, sehingga nantinya privasi rumah anda akan terlindungi.

Cara Membuat Pagar Kayu Minimalis

Setelah mengetahui beberapa model pagar ini, berikut pembahasan mengenai cara membuat pagar kayu minimalis. Pembuatan pagar palet kayu ini direkomendasikan untuk pagar sepanjang 2 meter. 

Alat dan Bahan Membuat Pagar Palet Kayu

Langkah Cara Membuat Pagar Kayu Minimalis

  1. Siapkan 2 potong kayu palet besar sepanjang 2 m

  2. Tentukan seberapa rapat pagar yang anda ingin buat. Semakin renggang, semakin sedikit jumlah kayu palet kecil yang dibutuhkan.

  3. Setelah menentukan jarak antar kayu palet, ukur dan tandai dengan pensil.

  4. Untuk kayu palet kecil, potong ujungnya sesuai model yang diinginkan. (Contoh: runcing seperti Picket klasik atau melengkung seperti Dog Eared)

  5. Paku setiap ruas pada kayu palet besar. Pegang dengan kuat agar kayu tidak melenceng.

  6. Setelah semua ruas pagar terpasang, pasang pagar pada tempat yang diinginkan. Gunakan paku yg lebih besar untuk memasang pagar.

  7. Pagar palet kayu sudah selesai dibuat.

Cara membuat pagar kayu minimalis ini tidak sulit, bukan? Semoga beberapa model pagar dari kayu yang sudah dibahas tadi dapat menjadi inspirasi untuk eksterior rumah anda, ya! Selamat mencoba!

Author:

Ananda Bayu Pangestu

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp