5 Trik Mendesain Rumah Kantor, Jaga Privasi Saat Bekerja di Rumah

Pusat perkantoran yang hanya ditempatkan di satu wilayah, ditambah kurang optimalnya pengelolaan transportasi seringkali menyebabkan kemacetan. Permasalahan kemacetan lantas menghambat mobilitas yang mana membuang banyak waktu, tenaga serta biaya. Tercetuslah suatu ide untuk kerja dari rumah dengan konsep rumah kantor.

Tak heran, masyarakat urban sekarang ini lebih memilih untuk bekerja di rumah karena lebih efisien sehingga lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga. Kebutuhan ini menjadikan tempat tinggal perlu dirancang selayaknya rumah kantor.

rumah kantor dengan konsep ruang terbuka dengan sofa kulit, meja kerja, dan komputerdwell.com

Desain rumah kantor berbeda dengan rumah yang memiliki ruang kerja yang hanya bisa digunakan oleh satu atau dua orang saja. Rumah kantor harus dapat memfasilitasi segala aktivitas perkantoran dan menyediakan ruangan yang cukup untuk semua karyawan. Hunian yang ditinggali memiliki dua fungsi yang berbeda, yakni rumah sebagai tempat tinggal dan kantor untuk tempat bekerja.

Oleh karenanya, kegiatan perkantoran yang dilangsungkan di rumah kantor dapat mengganggu kenyamanan tinggal pemilik rumah, begitupun sebaliknya. Agar dwifungsi rumah kantor ini bisa berjalan dengan baik, maka perlu diterapkan perancangan yang baik.

Bagaimanakah caranya? Mari simak trik desain rumah kantor berikut ini.

Pemisahan area di rumah kantor berdasarkan lantai

ruang kerja dengan karpet pola biru, meja panjang dan kursi hitam dan putihdwell.com

Membagi antara area privat dan publik adalah langkah awal mendesain rumah kantor. Pembagian ini dapat dilakukan dengan menempatkan area rumah dan kantor pada lantai yang berbeda. Lantai dasar rumah kantor dapat difungsikan sebagai area kantor, sementara area tinggal ditempatkan sepenuhnya di lantai atas.

Dengan pemisahan area seperti ini, privasi pemilik rumah dapat lebih terjaga dan sebaliknya, konsentrasi bekerja pun tidak terganggu oleh penghuni rumah yang berlalu-lalang. Trik desain rumah kantor ini juga dapat diterapkan pada lahan rumah kecil yang tidak memungkinkan dilakukan peluasan lahan secara horizontal.

Menyatukan tempat tinggal dan kantor dalam satu area

ruang kerja dan dapur terbuka dengan dinding putih dan furnitur kayudwell.com

Permasalahan lahan yang terbatas untuk membangun rumah kantor memang dapat disiasati dengan pembangunan vertikal. Namun, bagaimana dengan bujet yang terbatas? Biar bagaimana pun, menambah lantai memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Untuk mengatasi permasalahan ini, mau tidak mau kamu harus menerapkan desain rumah kantor yang lebih menghemat lahan. Atur penggunaan suatu area agar dapat digunakan secara bersama, seperti dengan menyatukan fungsi dapur dengan ruang duduk atau ruang tamu kantor.

Meski bertempat dalam ruangan yang sama, pemisahan area dapat dilakukan dengan menggunakan penyekat ruangan. Meja atau mini bar juga dapat digunakan sebagai furnitur transisi untuk memisahkan ruang yang menyatu di rumah kantor ini.

Menerapkan akses dua pintu di rumah kantor

dwell.com

Pada rumah kantor yang menerapkan akses dua pintu, baik area rumah maupun kantor tidak terkoneksi satu sama lain. Keduanya terpisah dalam bangunan yang berbeda, namun masih di atas lahan yang sama.

Penerapan desain rumah kantor seperti ini sangat baik untuk menjaga privasi sekaligus menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif. Akses di dalam kantor juga lebih leluasa karena tidak bersinggungan dengan bangunan ruang tinggal.

Meskipun begitu, jangan lupa menempatkan pintu dan lorong yang menghubungkan kedua bangunan sebagai akses khusus bagi pemilik rumah untuk bisa masuk ke kantor.

Memilih furnitur untuk rumah kantor

ruang kerja dalam rumah kantor dengan meja kayu dan kursi kantor hitam di atas karpet motif hitam putihdwell.com

Berbeda dengan ruang kerja di rumah, furnitur di rumah kantor harus dapat mengakomodasi kenyamanan bekerja para karyawan sekaligus menyesuaikan dengan ukuran ruang kantor yang umumnya terbatas. Pilihlah kursi dan meja kantor yang memenuhi standar ergonomi sekaligus hemat ruang. Sediakan juga furnitur yang digunakan khusus untuk ruang rapat.

Furnitur pesanan juga dapat dimanfaatkan untuk menyiasati kondisi ruangan rumah kantor yang tidak ideal. Selain itu, sediakan ruang penyimpanan yang optimal untuk menyimpan dokumen dan peralatan kantor. Jika kamu sedang mencari furnitur kantor, kamu bisa menemukan di Dekoruma, lho. Dekoruma jual kursi kantor, meja kantor, dan perabot pendukung lain untuk rumah kantor,

Melengkapi fasilitas rumah kantor

rumah kantor dinding putih dengan meja panjang putih dan kursi kantor hitamdwell.com

Selain memfasilitasi keperluan bekerja melalui pemilihan furnitur yang tepat, pengolahan dan instalasi pencahayaan juga mesti diperhatikan. Gunakan perpaduan sistem pencahayaan downlight dan task lighting di ruangan kantor, pilih warna pencahayaan yang terang dengan tingkat keterangan yang dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Agar rumah kantor lebih sehat dan nyaman, terapkan sistem ventilasi silang sebagai jalur masuknya pencahayaan dan udara alami dengan memanfaatkan bukaan-bukaan lebar seperti jendela, roster, dan kisi-kisi. Minimalkan penggunaan perangkat kabel dan beralih menggunakan perangkat nirkabel untuk menghasilkan tata ruangan rumah kantor yang rapi.

ruang kerja dengan dinding pola kotak abu-abu dan karpet bulu putihfreshome.com

Menyatukan fungsi tempat tinggal dengan kantor dapat dilakukan untuk menjalankan bisnis rumahan, namun jangan sampai kenyamanan tinggal dan bekerja di rumah kantor menjadi terganggu. Sekalipun luas lahan terbatas, pemisahan area yang jelas pada desain rumah kantor tetap perlu diterapkan.

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp