3 Pola Utama Model Pagar Besi Minimalis

(Foto: Pinterest)

Dalam desain hunian, bahan material besi banyak dipakai karena kuat. Kukuhnya dan tahan bantingnya besi menjadikan bahan ini solid untuk keamanan berbagai bagian rumah. 

Salah satu bagian dari rumah yang memenuhi fungsi keamanan rumah adalah pagar rumah. Untuk urusan pilihan pagar, pagar besi terkenal akan daya tahan dan ketangguhannya. Karenanya, pagar besi merupakan salah satu pilihan populer bagi penghuni rumah yang menginginkan keamanan terbaik.

Namun tentunya Anda tidak hanya menginginkan pagar besi yang hanya memenuhi fungsinya sebagai pengaman rumah saja. Pagar besi Anda haruslah terlihat menarik juga, memiliki nilai estetika yang tinggi dan selaras dengan desain rumah Anda secara keseluruhan. 

Selain berfungsi untuk melindungi rumah dari berbagai gangguan yang tidak diinginkan, pagar rumah Anda mesti memperindah rumah juga.

(Foto: em-aluzaun.at)

Salah satu konsep yang sedang populer sekarang ini adalah rumah bergaya minimalis. Maka, bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, tentunya pagar besi rumah Anda pun mesti dirancang dan dibentuk selaras dengan gaya minimalis. 

Desain pagar besi minimalis menjadi pilihan yang tepat karena tampilannya menawan dan memiliki fungsi keamanan yang terjamin. 

Dengan kepopuleran konsep arsitektur minimalis, kini muncul beraneka ide model pagar besi minimalis. Rata-rata, desain minimalis ini mengikuti pakem gaya modern, memberikan Anda banyak pilihan model pagar besi minimalis untuk rumah Anda.

(Foto: em-aluzaun.at)

Ketika berbicara tentang desain minimalis, kesederhanaan selalu menjadi karakter utamanya. Karakter ini juga harus muncul dalam model pagar besi minimalis. Tampilannya dirancang secara simpel namun tetap harus memikat dengan gaya bangunannya yang modern.

Secara umum, perbedaan pagar besi minimalis dengan pagar berdesain klasik dan desain tradisional ada pada ornamen dan ukirannya. Pagar besi minimalis dibuat dengan sedikit atau tanpa ornamen dan ukiran sama sekali. 

Karakter lainnya dari pagar minimalis adalah dibangun dengan bentuk yang lebih geometris dengan garis-garis yang tegas. Untuk pemilihan warna, yang sering dipakai adalah warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu.

Diperhatikan lebih jauh, ada 3 pola perpaduan utama yang sering muncul pada pagar besi minimalis modern. Berikut ini 3 pola model pagar besi minimalis yang cantik dan sederhana yang dapat menginspirasi Anda.

  1. Pagar Besi Minimalis dengan Tembok

(Foto: hmcreations.co)

Salah satu model pagar minimalis dari besi adalah pagar besi dengan tembok seperti pada gambar di atas. Palang-palang besi berwarna hitam disusun secara vertikal dan dibingkai dengan besi berwarna abu-abu.

Desain besi yang terasa dingin dan kuat, dipadukan dengan tembok yang dicat abu-abu muda, menambah kesan modern dan industrial. 

Penting untuk diperhatikan pemilihan warna yang diambil. Semuanya merupakan warna-warna netral yang berkesan simpel namun terasa solid.

(Foto: em-aluzaun.at)

Selain menyusun palang-palang besi dalam susunan vertikal, Anda dapat pula menyusunnya secara horizontal.

  1. Pagar Besi Dipadukan dengan Batu

(Foto: houzz.es)

Selain dipadukan dengan tembok, pagar besi minimalis dapat tampil gagah dan elegan jika dipadukan dengan batu, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar pagar besi minimalis di atas ini.

Untuk pilihan desainnya, tak banyak variasi yang Anda pilih. Sebenarnya, itulah konsep kunci dari gaya minimalis, mengutamakan kerapian dan susunan yang tertib dengan garis-garis lurus dan tegas, tanpa banyak liukan dan ornamen.

Unsur material batu yang ditambahkan sebagai gerbang pada desain seperti ini menambahkan kesan dingin yang berbeda dari besi. 

Batu lebih berkesan alami dan menghadirkan kesejukan natural, mengimbangi kesan dingin industrial yang diciptakan dari besi. 

Agar selaras dengan desain minimalis, batu yang ditambahkan dapat dibentuk menjadi kotak agar lebih rapi dan berkesan modern.

Untuk pengecatannya, Anda dapat mengecat pagar besinya saja dan membiarkan warna natural bebaturan tanpa dicat.

  1. Pagar Besi Dipadukan dengan Kayu

(Foto: Pinterest)

Kombinasi bahan lainnya yang dapat Anda tambahkan pada rancangan pagar besi minimalis Anda adalah material kayu. Sebagai contohnya, Anda dapat melihat contoh pagar besi minimalis di atas ini.

Namun, untuk pemilihan bahan kayu ini Anda mesti berhati-hati dalam penggunaannya. Karena berbeda dengan bahan batu alam dan tembok, kayu ini lebih sulit penerapannya.

Kayu itu sendiri sebenarnya jarang digunakan pada desain rumah minimalis karena bahan ini biasanya lebih banyak digunakan pada rumah dengan gaya arsitektur klasik yang lebih hangat.

Namun jika diterapkan dengan tepat, elemen kayu dapat menambah keunikan pada desain pagar rumah Anda. Kesan kayu yang hangat dapat memberi sentuhan natural pada besi dan tembok yang dingin.

Kunci utamanya adalah membentuk kayu ini mengikuti pola yang kerap ditemui pada gaya minimalis. Seperti pada contoh pagar besi minimalis di atas, kayu yang digunakan tidak dibentuk menjadi ornamen yang rumit, hanya palang-palang kayu yang disusun secara vertikal dan horizontal.

Untuk urusan pewarnaannya, Anda dapat membiarkannya tampil dengan warna alaminya, cukup melapisi kayunya dengan pelitur untuk melindunginya dari cuaca dan rayap.

Jika Anda ingin memulas bagian kayu dari pagar Anda agar terlihat seragam, maka pilihlah warna netral seperti cokelat.

Nah, itulah 3 pola perpaduan yang sering ditemui pada desain pagar minimalis dari besi. Sudah menentukan desain seperti apa yang Anda inginkan? Semoga bermanfaat.

Sumber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp